Kolak Pisang

Kolak Pisang adalah salah satu menu yang wajib ada saat berbuka puasa. Momen berbuka puasa menjadi penantian terbaik untuk melepaskan dahaga. Kolak memang masih menjadi makanan favorit orang Indonesia, sehingga tak jarang bila banyak masjid yang menyediakan kolak sebagai hidangan takjil.

cita rasa yang manis dan segar membuat kolak menjadi salah satu menu terbaik untuk berbuka puasa. Sobat DoMan kali ini akan membagikan 3 Rahasia Membuat Kolak Pisang yang Enak dan Nikmat untuk Berbuka Puasa.

Praktekan cara ini, Sehingga rasa kolak jadi lebih maknyus! Cara membuat kolak pun tergolong sangat mudah. Tapi jangan salah, kalau asal buat, kolak rasa manisnya malah tidak ada. Selain itu, Kalau memasaknya kelamaan yang ada isian kolak juga malah hancur. Jadi serba salah, kan?

Oleh sebab itu, Doyanmakanofficial sudah merangkum rahasia memasak kolak pisang yang manisnya meresap tapi tidak hancur. Berikut ini 3 rahasia yang wajib kamu ketahui !

1. Masak Dalam Waktu Lama

Kolak adalah bahan makanan yang harus kita rebus lama di dalam larutan gula. Dengan begini, gula punya waktu meresap ke dalam bahan-bahan yang ada di dalamnya. Karena kalau merebusnya tidak dalam waktu lama, maka yang terjadi adalah rasa manisnya tidak meresap kedalam bahan-bahan kolak tersebut. Otomatis rasa kolaknya tidak enak. Selain rasa manis, takutnya bahan di dalamnya juga jadi kurang matang Jadi pastikan kita menyiapkan kolak tidak mepet dari waktu berbuka. agar merebusnya bisa lebih lama.

2. Gunakan Api Kecil

Api Kecil

Karena memasaknya menggunakan waktu yang lama, maka kita harus menggunakan api kecil. Api yang kecil dapat membantu memaksimalkan gula agar meresap kedalam bahan-bahan kolak. Bahan-bahan di dalamnya pun tidak akan cepat hancur. Sehingga,  gula dapat meresap dan matang dengan sempurna.

3. Memakai Santan kelapa

Santan merupakan salah satu campuran dalam membuata kolak pisang. Cara penambahannya pun bisa sesuai selera. Kalau mau terasa manis alami dari gula merah, santan bisa dibuat kental disajikan sebagai topping. Tapi kalau mau rasa manis bercampur gurih, bisa memasukkannya langsung ke dalam kolak menjelang selesai memasak. Untuk cita rasa yang nikmat gunakan santan kelapa asli, bukan santan yang kemasan.

Kelapa

4. Gunakan Pisang Kepok

Pisang Kepok adalah jenis pisang yang paling cocok untuk bahan kolak dan memiliki 2 jenis yaitu pisang kepok putih dan kuning. Yang putih bentuknya lebih kecil dan memiliki tekstur yang empuk, memiliki kulit tipis, dan kurang enak. Sebaliknya, Pisang kepok kuning berukuran lebih besar, isinya padat, dan lebih enak untuk menjadi bahan kolak, pisang goreng, ataupun keripik pisang.

Pisang yang matang secara alami memiliki kuning yang tidak merata karena bercampur dengan warna hijau. Jadi, hindari membeli pisang kepok berwarna kuning merata di satu sisir karena ada kemungkinan pisang tersebut telah disemprot agar terlihat segar.

Gunakan lah campuran pisang kepok kuning untuk mendapatkan kolak yang enak dan nikma

Kolak Pisang

Itulah tadi 3 Rahasia Membuat Kolak Pisang yang Enak dan Nikmat untuk Berbuka Puasa. Meski beragam cara telah disediakan, kunci utama dari pembuatan kolak pisang adalah memakai santan asli kelapa. Hal kedua yang patut diperhatikan adalah pemilihan pisang yang harus sesuai dengan jenis pisangnya. Terakhir, kamu bisa menambahkan Mutiara, Ubi, Kolang kaling atau bahan lainnya untuk menambah kenikmatan kolak pisang.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba rahasia membuat kolak pisang ini untuk berbuka puasa?

Untuk makanan lezat lainnya, jangan lupa kunjungi laman doyanmakanofficial, ya!

Selamat mencoba dan selamat menunaikan ibadah puasa !

0/5 (0 Reviews)

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Table of Contents