5 Pola Hidup Sehat

5 Pola Hidup Sehat yang Efektif dan Ampuh Mencegah Kanker


5 Pola Hidup Sehat
5 Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat adalah upaya seseorang untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat. Pola hidup sehatmelakukannya dengan cara mengonsumsi makanan bergizi, olahraga secara rutin, dan istirahat yang cukup.

Kanker adalah penyakit yang penyebabnya karena pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh. Pertumbuhan sel abnormal ini dapat merusak sel normal di sekitarnya dan di bagian tubuh yang lain.

Kanker merupakan penyebab kematian kedua terbanyak di seluruh dunia. Kanker sering menyebabkan kematian karena umumnya penyakit ini tidak menimbulkan gejala pada awal perkembangannya, sehingga baru terdeteksi dan diobati setelah mencapai stadium lanjut.

Oleh karena itu, lakukanlah pemeriksaan skrining atau cek kesehatan secara berkala, agar kanker dapat terdeteksi secara dini. Untuk mencegah kanker, jalani pola hidup yang sehat. Berikut ini adalah 5 Pola Hidup sehat yang Ampuh Mencegah Kanker.

1. Memiliki Berat Badan yang Ideal

Apabila kita memiliki berat badan berlebih maka peningkatan untuk terkena jenis kanker tertentu semakin besar. Kamu perlu menjaga berat badan agar tetap ideal. Namun, jika berat badan sudah ideal pastikan untuk mempertahankannya dengan mengonsumsi makanan sehat dan seimbang. Dan juga diimbangi dengan olah raga yang cukup. Pepatah mengatakan didalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

2. Perbanyak Makan Sayuran, Buah dan Biji-bijian

Sudah bukan rahasia lagi sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian mampu menurunkan risiko kanker. Kandungan berbagai macam vitamin dan mineral di dalamnya lah yang berperan mencegah berkembangnya sel-sel kanker. Jadi, pastikan kamu menyertakan sayur, buah, dan biji-bijian dalam makanan sehari-hari kamu. Semakin banyak yang kita konsumsi maka akan semakin bagus untuk tubuh kita.

3. Perbanyak Minum Air Putih dan Sering Minum Kopi

Dengan Meminum air putih minimal 8 gelas perhari kita bisa mengurangi risiko kanker. dengan minum air banyak dapat mengencerkan konsentrasi agen penyebab kanker dalam urin dan membantu mengeluarkannya lebih cepat. Selain minum air putih,

Kopi juga dapat mencegah kanker. Dengan minum kopi berkafein 5 cangkir atau lebih dalam sehari dapat menurunkan risiko kanker otak sebesar 40 persen. Kopi memberikan perlindungan yang lebih kuat melawan kanker dibandingkan teh, yang dikatakan para peneliti  juga menawarkan perlindungan terhadap kanker otak.

4. Batasi atau Kurangi Konsumsi Alkohol

Ketika berbicara tentang alkohol, lupakan alibi bahwa minuman beralkohol baik untuk jantung. Alkohol justru kerap dikaitkan sebagai peningkat risiko kanker mulut, kerongkongan, payudara, usus besar, dan hati. Yang lebih mengerikan, alkohol yang mengalami konversi menjadi asetaldehida dapat secara langsung merusak DNA sel. Selain itu, alkohol juga dapat merusak hati, meningkatkan kelarutan bahan kimia penyebab kanker lainnya, meningkatkan kadar estrogen, dan menurunkan kadar beberapa nutrisi bermanfaat seperti folat

5. Stop Merokok

Merokok sudah pasti adalah perilaku yang membahakan kesehatan. Merokok berkaitan  dengan berbagai jenis kanker, seperti kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, laring, pankreas, kandung kemih, leher rahim dan ginjal.Terkena asap rokok juga berisiko mengalami berbagai macam jenis kanker tersebut. Berhenti merokok adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah kanker. Banyak diluar sana orang terkena kanker gara-gara merokok. Bahkan, setiap iklan rokok atau gambar rokok sudah diberi tahu bahanya seperti apa. Tapi kebanyakan orang tidak memperdulikannya.

Demikian artikel dari kami semoga artikelnya membantu dan bermanfaat untuk teman-teman doyanmakan semuanya. Tetap jaga Kesehatan dan Selamat Hari Kanker Sedunia.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Table of Contents