Cara Membuat Bajigur

Cara Membuat Bajigur, Minuman Penghangat Tubuh Khas Bandung

Berbicara mengenai minuman khas Indonesia, tentu kita sudah sering mendengar jenis minuman ini. Wedang Bajigur, yang merupakan minuman tradisional asli Sunda. Wedang ini merupakan salah satu jenis minuman tradisional yang masih populer hingga saat ini.

Memiliki karakteristik yang hampir mirip dengan minuman Bandrek, wedang Bajigur ini masih dapat kita jumpai dan temukan. Jika dulu, orang berjualan bajigur dengan mendorong gerobak dan berkeliling. Selain itu ada pula yang membuka warung kecil.  Saat ini, minuman bajigur dapat kita jumpai pada kafe-kafe yang mengusung tema klasik hingga di restoran yang mengangkat aneka makanan dan minuman khas Sunda.

Walaupun sangat mudah kita temukan, kita pun bisa membuat bajigur sendiri. Sekarang kita akan membahas tentang cara membuat bajigur mulai dari bahan yang kita butuhkan, proses pembuatan, manfaat serta citarasa dari minuman ini. Kita simak sama-sama Yuk Sobat DoMan!. 

Sejarah Bajigur

Bajigur sendiri dulunya merupakan minuman favorit dari petani di Jawa Barat. Awal mula munculnya minuman ini sendiri berawal dari kebiasaan para petani yang sering meminum air rebusan gula aren sebelum pergi bekerja di sawah. Mereka merasa bahwa air gula aren ini dapat menghangatkan badan sekaligus menambah tenaga. Lambat laun minuman air gula aren ini mengalami perkembangan dengan penambahan rempah lain seperti santan dan jahe. Tidak butuh waktu lama, minuman ini langsung menjadi primadona bagi masyarakat Jawa Barat sebagai minuman konsumsi baik di pagi hari maupun malam hari.

Bahan Baku dan Proses Pembuatan Bajigur

Membuat bajigur sendiri tidaklah sulit dan bahan yang kita perlukan juga sangat mudah kita jumpai di pasaran. Bahan utama untuk membuat bajigur antara lain jahe, santan dan gula aren. Selain itu untuk menambah aroma yang lebih wangi, bisa kita tambahkan dengan daun pandan. Sementara itu, bisa juga kita tambahkan sedikit garam untuk penyeimbang rasa manis dari minuman ini.

Adapun untuk proses pembuatannya sangatlah sederhana. Siapkan wajan yang sudah terisi air dan rebus hingga mendidih. Jika sudah mendidih, kita masukkan jahe yang sudah digeprek serta daun pandan terlebih dahulu. Tujuannya untuk memunculkan aroma yang khas. Panaskan sebentar, lalu masukkan gula aren kedalam air rebusan dan aduk hingga larut.

Cara Membuat Bajigur

Setelah kita tunggu beberapa saat, barulah kita masukkan santan kedalam campuran tadi. Aduk secara merata agar santan tidak pecah. Jika sudah mendidih kembali, minuman tersebut dapat kita tuang kedalam gelas untuk kemudian kita sajikan dalam kondisi panas ataupun hangat.

Manfaat Untuk  Tubuh 

Berbagai jenis minuman tradisional khas Indonesia, tentu dibuat dalam rangka memberikan manfaat bagi tubuh. Tidak terkecuali untuk minuman bajigur ini. Selain mudah untuk membuat bajigur, minuman ini juga kaya akan manfaat. Beberapa manfaat yang kita peroleh dengan mengkonsumsi minuman ini antara lain mencegah masuk angin dan menghangatkan badan berkat adanya kandungan jahe di dalamnya.

Gula aren pada bajigur juga dapat menambah tenaga sebelum beraktivitas. Manfaat lainnya dari minuman tradisional ini seperti mengatasi masalah percernaan, menjaga sistem imun dan mencegah mual. Sehingga minuman ini sangatlah cocok untuk kita konsumsi sehari-hari tanpa menimbukan efek samping karena penggunaan bahan-bahannya yang alami dan kaya rempah.

Baca Juga : Sarabba, Minuman Tradisional Sulawesi yang Kaya akan Rempah

Citarasa Minuman

Citarasa minuman ini hampir mirip dengan minuman Bandrek yang merupakan minuman khas Sunda lainnya. Rasa manis legit dari gula aren mendominasi dari minuman ini ditambah sensasi rasa pedas dari campuran jahe. Selain menikmati secara langsung, minuman bajigur juga cocok untuk kita sajikan dengan makanan pelengkap. Aneka makanan rebusan seperti kacang rebus, pisang, ubi talas hingga singkong cocok untuk menemani kala kita menikmati hangatnya minuman bajigur.

Selain mudah dalam proses pembuatannya, harga dari bahan untuk membuat minuman ini juga sangat murah. Jahe, gula aren, santan dan daun pandan memiliki harga yang murah di pasaran. Disamping membuat bajigur dengan bahan yang kita racik sendiri, sekarang minuman ini  pun sudah tersedia dalam bentuk sachet. Sehingga tidaklah heran jika minuman ini masih eksis hingga saat ini. Harganya murah, proses pembuatan mudah namun kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh.

0/5 (0 Reviews)

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Table of Contents