Macam macam jamu

Macam Macam Jamu Tradisional Beserta Khasiatnya bagi Tubuh

Setelah pada artikel-artikel sebelumnya kita sudah membahas ragam dan aneka minuman tradisional berupa wedang. Kali ini akan membahas jenis minuman tradisional khas Indonesia lainnya, yakni jamu. Tentu kita semua pasti pernah mendengar bahkan mencoba minuman jamu ini. Mulai dari anak-anak hingga orang tua pasti pernah mengkonsumsinya.

Jamu sendiri merupakan minuman khas Indonesia yang sudah ada sejak lama, bahkan dari zaman Kerajaan. Tradisi meminum jamu sendiri telah berlangsung sejak 1300 M sehingga dapat kita katakan sebagai salah satu minuman bersejarah. Macam macam jamu umumnya dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia sebagai obat alami untuk mengobati berbagai macam penyakit. Hal ini karena pada zaman dahulu belum terdapat obat medis sehingga macam-macam jamu inilah yang menjadi alternatif pengganti obat.

Minuman jamu sendiri terbuat dari tanaman herbal, yang mana masing-masing tanaman memiliki khasiat alami di dalamnya. Beragamnya tanaman herbal menghasilkan banyak macam macam jamu yang masih ada hingga sekarang. Sebut saja seperti jamu kunyit asam, beras kencur, temulawak dan pahitan. Proses pengolahan jamu pun tidaklah rumit. Berbekal alat dan bahan yang sederhana, kita pun bisa mengolah aneka tanaman herbal menjadi macam macam jamu yang berkhasiat.

Kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai macam-macam jamu. Mulai dari kunyit asam, beras kencur, temulawak dan pahitan. Kalian pastinya penasaran kan? Yuk mari kita simak sama-sama Sobat DoMan!

Jamu Kunyit Asam

Jamu kunyit asam merupakan jenis jamu yang sering kita jumpai serta banyak dari masyarakat Indonesia yang mengkonsumsinya. Kunyit asem ini banyak tersedia di kedai-kedai penjual jamu maupun di pasar tradisional. Jamu kunyit asam sendiri terbuat dari bahan dasar kunyit yang kemudian kita campur dengan asam jawa. Rasa manis dan asam sangat mendominasi dari minuman jamu ini.

Macam macam jamu

Faktor rasanya yang bersifat manis asam menyebabkan banyak orang yang menyukainya. Jamu kunyit asam ini juga kaya akan segudang manfaat. Beberapa manfaat yang kita peroleh seperti mencegah panas dalam, menurunkan asam lambung, mengatasi keputihan dan mengurangi nyeri haid. Selain untuk kesehatan, kunyit asam juga bermanfaat untuk kecantikan.

Jamu Beras Kencur

Beras Kencur merupakan jamu tradisional Indonesia yang populer di tengah-tengah masyarakat. Jamu ini juga menjadi favorit bagi anak-anak karena rasa manis yang terkandung dalam minuman ini serta sensasi yang nyaman di perut ketika meminumnya. Secara komposisi, jamu beras kencur terdiri dari bahan utama berupa beras dan kencur.

Beras Kencur

Proses pembuatannya pun tergolong sederhana. Kedua bahan ini kita campur dengan air dalam blender dan haluskan. Jika sudah halus, saring air tersebut untuk kemudian dapat kita sajikan. Jamu beras kencur sendiri sangat didominasi oleh rasa manis dan nyaman di perut karena terdapat kandungan kencur yang sangat baik bagi lambung.

Adapun manfaat yang kita peroleh dengan mengkonsumsi jamu beras kencur antara lain mengatasi gangguan pencernaan (sakit perut dan diare), menangkal radikal bebas dan mengobati jerawat pada wajah. Selain itu, secara ilmiah beras kencur dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes. Kandungan senyawa fenotik didalamnya bekerja sebagai antioksidan yang dapat membantu mengobati penyakit diabetes.

Jamu Temulawak

Selanjutnya yaitu jamu temulawak. Jamu ini memiliki bahan utama yaitu tanaman temulawak. Tanaman dengan nama latin Curcuma xanthorrhiza ini memiliki karakteristik yang hampir mirip dengan kunyit. Bagi masyarakat Indonesia, tanaman ini dipercaya memiliki berbagai macam khasiat. Sehingga tidak salah apabila tanaman temulawak sering kita olah, salah satunya menjadi minuman jamu.

Macam macam jamu

Jamu temulawak sendiri cenderung memiliki rasa yang sedikit pahit. Meskipun memiliki rasa pahit, namun jamu ini memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat seperti mengatasi masalah pencernaan, menjaga kesehatan hati dan menguraikan lemak dapat kita dapatkan dengan mengkonsumsinya.

Baca Juga : Sarabba, Minuman Tradisional Sulawesi yang Kaya akan Rempah

Jamu Pahitan (Sambiloto)

Macam-macam jamu yang terakhir pada artikel ini yaitu jamu pahitan. Jamu pahitan biasanya juga terkenal dengan Jamu Brotowali, karena salah satu bahan dasar dari pembuatan jamu ini yaitu tanaman brotowali. Alasan dari nama jamu pahitan karena jamu ini terkenal dengan rasanya yang sangat pahit di lidah. Sehingga tidak semua orang menyukai jenis jamu ini. Adapun bahan dalam pembuatan jamu ini seperti daun sambiloto, asam jawa, lempuyang, temulawak dan brotowali.

Jamu Pahitan

Terlepas dari rasanya yang pahit, jamu ini memiliki berbagai manfaat yang terkandung. Beberapa manfaat seperti mengatasi gatal-gatal, menghilangkan bau badan, menurunkan kolesterol, mengatasi pegal dan meredakan pusing. Sehingga jamu pahitan ini sering menjadi jamu konsumsi oleh orang tua sebagai salah satu alternatif obat alami.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Table of Contents