gambar sarabba

Sarabba, Minuman Tradisional Sulawesi yang Kaya akan Rempah

Kota Makassar merupakan salah satu kota yang terletak di Pulau Sulawesi. Kota ini sangat terkenal akan budaya dan seni tradisionalnya. Sehingga tidak heran apabila Kota Makassar seringkali menjadi salah satu destinasi wisata favorit, baik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Tidak hanya sebatas tenar karena budaya dan destinasi wisatanya saja, Kota Makassar juga terkenal memiliki aneka makanan dan minuman yang khas.

Tentu kita tidak asing dengan nama makanan seperti Coto Makassar, Konro, Es Palu Butung dan Jalangkote. Semua makanan tersebut merupakan makanan asli Makassar. Selain dari makanannya, Kota ini juga memiliki minuman tradisional yang memiliki citarasa unik di dalamnya. Minuman itu adalah Sarabba, minuman tradisional masyarakat Sulawesi yang kaya rempah.

Kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang minuman tradisional ini. Mulai dari sejarahnya, bahan baku dan proses pembuatan, citarasa dari minuman serta manfaatnya bagi kesehatan. Tidak perlu berlama-lama lagi, Yuk kita simak sama-sama Sobat DoMan!

Sejarah

Sarabba sendiri merupakan salah satu minuman tradisional yang sudah ada sejak lama di kalangan masyarakat Bugis. Memang tidak terdapat asal usul yang pasti mengenai awal mula munculnya minuman ini. Ada sumber yang mengatakan bahwa minuman ini dulunya berasal dari Arab Saudi yang dibawa oleh pedagang Arab pada masa itu. Namun terlepas dari itu, Sarabba kini menjadi salah satu minuman kuliner yang wajib kita cicipi jikalau berkunjung ke Kota Makassar.

Minuman ini sangat banyak dijual di sudut-sudut kota Makassar. Salah satu tempat yang menjadi sentra penjualannya yakni di Jalan Sungai Cerekang, Makassar. Masyarakat Bugis sangat menyukai minuman ini karena memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Selain itu, Sarabba juga cocok kita jadikan sebagai minuman untuk teman ngobrol kala menikmati waktu senggang.

Bahan Baku dan Proses Pembuatan Sarabba

Berdasarkan komposisinya, minuman Sarabba sendiri terbuat dari bahan-bahan rempah alami seperti pada minuman khas tradisional yang ada di Indonesia. Jahe tetap menjadi bahan baku utama. Selain itu kita tambahkan aneka rempah dan bahan alami lainnya, seperti gula aren/ gula merah, santan dan merica bubuk.

Namun disini terdapat satu bahan baku yang terbilang unik, yakni telur. Telur ini nantinya akan diambil kuning telurnya saja sebagai campuran untuk minuman. Adapun telur yang kita gunakan bisa menggunakan telur ayam ataupun telur bebek.

Proses pembuatannya sendiri dapat dikatakan cukup sederhana. Pertama kita olah jahe terlebih dahulu dengan kita memarkan untuk kemudian kita rebus dengan air hingga mendidih. Setelah mendidih, kita masukkan bahan lainnya yaitu gula aren dan santan. Aduk secara merata agar santan tidak pecah. Jika sudah, masukkan kuning telur ketika air telah mendidih. Selain itu kita bisa juga tambahkan sedikit merica bubuk untuk memunculkan sensasi pedas pada minuman. Minuman ini sangat cocok untuk kita sajikan dalam kondisi panas maupun hangat.

Baca Juga : Cara Membuat Bajigur, Minuman Penghangat Tubuh Khas Bandung

Citarasa Sarabba

Secara citarasa, minuman Sarabba memiliki rasa yang mirip dengan wedang jahe di Jawa Tengah dan Bandrek di Jawa Barat. Citarasa manis dari gula aren yang mendominasi serta aroma wangi yang keluar dari santan sudah cukup menggambarkan kenikmatan dari minuman ini. Selain itu ada pula rasa gurih yang tidak amis dari kuning telur serta adanya sensasi pedas dari bubuk merica yang dapat kita tambahkan. Sehingga tidak salah apabila minuman ini menjadi favorit bagi masyarakat Bugis.

Sarabba
Sarabba Minuman Tradisional Makassar

Selain untuk kita nikmati sendiri, minuman ini juga cocok kita sajikan dengan makanan pendamping seperi gorengan (pisang goreng atau tempe goreng). Untuk harga dari minuman Sarabba ini juga tergolong murah. Disamping kita bisa membuatnya sendiri, saat ini pun sudah tersedia Sarabba dalam bentuk kemasan. Baik itu yang berupa bubuk instan hingga dikemas dalam botol untuk kita jadikan sebagai oleh-oleh.

Manfaat Sarabba untuk Tubuh

Pada secangkirĀ Sarabba memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat yang kita dapatkan dengan mengkonsumsi minuman ini antara lain mengusir flu, menghangatkan badan dan mencegah masuk angin. Selain itu, kandungan kuning telur dalam minuman juga sangat berkhasiat untuk mengembalikan stamina yang kurang fit setelah beraktivitas. Ragam manfaat itulah yang menjadikan Sarabba cocok untuk menjadi minuman konsumsi sehari-hari.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Table of Contents